Jumat, 05 Agustus 2011

Bermain Metafora dalam Craft


Metafora merupakan salah satu majas yang pernah kita pelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia saat duduk di bangku sekolah. Dalam bahasa linguistik, metafora singkatnya bisa berarti sebagai kemiripan atau persamaan antara hal yang satu dengan hal yang lain.

Metafora dapat diterapkan dalam ilmu desain, yaitu menciptakan desai
n dengan mengambil image benda lain. Misalnya, membuat meja dengan mengambil image daun. Terdapat beberapa elemen daun yang diterapkan pada meja tersebut sehingga menyerupai bentuk daun, mulai bentuk hingga teksturnya dan user pun dapat mengenalinya bahwa meja itu mengingatkan pada bentuk daun. Metafora dalam desain pun dapat mempengaruhi proses pembuatan sebuah desain atau produk tersebut.

Mencoba menerapkan metafora dalam craft yang saya buat, tidak hany
a sebagai karya seni saja tapi sebagai benda yang fungsional. Maka saya membuat dompet lukis dengan mengambil image kalkulator.
Image yang saya ambil adalah cute. Maka saya gunakan kancing sebagai tombol-tombol kalkulatornya, dan manik-manik kecil sebagai penunjuk angka digital dari kalkulator. Kenapa harus kalkulator? tidak ada alasan yang istimewa kenapa mengambil bentuk ini, hanya saja dari kegiatan saya setiap hari selalu menggunakan kalkulator maka saya mencoba mengaplikasikannya dalam bentuk craft. Fungsinya sebagai dompet koin pun disesuaikan dengan fungsi dari kalkulator itu sendiri yang sering kita gunakan untuk menghitung uang. Secara tidak langsung dompet koin ini mengingatkan kita untuk berpikir terlebih dahulu dalam mengeluarkan uang sehingga kita bisa berhemat. Selain terdapat unsur 'fun' dari warna-warnanya yang cerah dan bentuknya yang bermacam-macam aplikasi (kancing, manik-manik, swarovsky), saya pun mencoba menerapkan sedikit 'emosi' dalam produk ini.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar